Sosialisasi Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021

Sabtu, 19 April 2021 12:30 WIB

Lembaga pengembangan Pendidikan UAD

Yogyakarta (19/04), LPP UAD telah menyelenggarakan Sosialisasi Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021 . Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021 merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar “Kampus Merdeka”. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D, Kepala LPP, Drs. Ishafit, M.Si selaku moderator serta pemapar materi, Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri, Ida Puspita, S.S., M.A.Res., Kaprodi dan Dosen Universitas Ahmad Dahlan. Acara ini diselenggarakan untuk mensosialisasikan kepada para Kepala Program Studi dan Dosen terkait program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021. “Program ini akan dilaksanakan pada semester depan, tetapi untuk pendaftarannya dalam minggu-minggu ini.” terang Pak Ishafit dalam pengenalan dan pemaparan proses kegiatan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Rusydi Umar, S.T., M.T. saat memberikan pengarahan

Wakil Rektor Bidang Akademik, Rusydi Umar, S.T., M.T., memberikan arahan serta tugas yang harus dilaksanakan saat pelaksaanan Kampus Merdeka khususnya Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021. Bapak Rusydi mengatakan bahwa sudah menjadi tanggung jawab masing-masing Program Studi untuk mensosialisasikan kegiatan ini baik kepada dosen maupun kepada mahasiswa. Semakin banyak peserta, prestasi Perguruan Tinggi akan semakin bagus pula. Sumber pendanaan kegiatan ini yaitu dari LPDP, Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan juga Perguruan Tinggi peserta.

Materi Sosialisasi yang dipaparkan oleh Kepala LPP UAD, Drs. Ishafit, M.Si.

Bapak Ishafit, selaku kepala LPP, memaparkan terkait hasil sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021, baik tujuan, peran kedudukan Perguruan Tinggi, alur pendaftaran sampai tatacara proses pendaftaran. Tujuan program ini yaitu:

  • Mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa
  • Memberikan pengalaman belajar mahasiswa di Perguruan Tinggi Lain
  • Memberi pengalaman kebhinekaan melalui Modul Nusantara

Modul Nusantara akan setara dengan 20 sks. Untuk proses pendaftaran, masing-masing PT dapat mengunjungi web kampusmerdeka.kemendikbud.go.id/pt/regkegiatanKegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa jenjang S1, S2, S3, Program Profesi, dan Pendidikan Vokasi. Output kegiatan ini harus mendapatkan penilaian dari dosen berdasarkan isian kegiatan pada logbook yang disediakan melalui spada_dikti, sehingga mampu setara 2 sks. Nantinya universitas akan membentuk tim penyeleksi mata kuliah unggulan yang diusulkan oleh masing-masing prodi guna menguji kelayakan apakah mata kuliah tesebut layak untuk ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.