Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi

Visi

Menjadi Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Universitas Ahmad Dahlan yang berkualitas dalam pengembangan, implementasi, monitoring dan evaluasi kurikulum, dan pembelajaran yang berlandaskan integritas moral dan intelektual Islami.

Misi

  1. Mengkoordinasi pengembangan kurikulum program studi dan penyelenggaraan mata kuliah institusional.
  2. Mengembangkan model-model pembelajaran inovatif.
  3. Mengoptimalkan dan memfasilitasi pelaksanaan pendidikan jarak jauh.
  4. Menyelenggarakan pelatihan dan tes ketrampilan berbahasa asing bagi mahasiswa, dosen, dan tendik.

Tujuan

  1. Terselenggaranya kurikulum berbasis OBE dan mata kuliah institusional pada seluruh program studi.
  2. Meningkatkan kinerja dosen dalam proses pembelajaran.
  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh.
  4. Meningkatkan kemampuan berbahasa asing bagi mahasiswa, dosen, dan tendik.

Sasaran Mutu (IKU UAD)

  1. Memiliki dan mengimplementasikan sistem pengelolaan dalam penyusunan kebijakan, rencana strategis, dan rencana operasional terkait dengan program pembelajaran yang dapat diakses sivitas akademika dan pemangku kepentingan, serta dapat dijadikan pedoman prodi dalam melaksanakan seluruh program pembelajaran.
  2. Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh setiap prodi.
  3. Pembelajaran online mata kuliah institusi dan mata kuliah prodi maksimal 50%.
  4. Persentase prestasi mahasiswa tingkat internasional.

Sasaran Mutu LPP

  1. Penerapan OBE pada seluruh program studi.
  2. Penerapan metode pembelajaran case-based method, PBL, dan PBJL untuk mendukung capaian IKU PT.
  3. Penerapan MBKM pada seluruh program studi S1/D4.
  4. Penyelenggaraan pembelajaran secara online pada mata kuliah di seluruh program studi.
  5. 70% mahasiswa peserta pelatihan berhasil dalam kompetisi internasional.

Strategi

  1. Melakukan sosialisasi, pendampingan, monitoring dan evaluasi kurikulum program studi.
  2. Akselerasi penerapan metode pembelajaran berorientasi luaran dengan workshop-workshop dan diklat kepada dosen.
  3. Melakukan sosialisasi, mengoordinir hibah-hibah MBKM, dan menjadi koordinator PT untuk penyelenggaraan MBKM.
  4. Melakukan sosialisasi, pelatihan, monitoring pembelajaran online.
  5. Melakukan pelatihan IELTS, Academic Writing, dan Academic Speaking secara intensif.