Kuliah Umum Mata Kuliah Institusional (MKI) Pendidikan Kewarganegaraan

Flyer Kuliah Umum MKI PKN

LPP-UAD

Yogyakarta, 18 Maret 2021, Lembaga Pengembangan dan Pendidikan telah menyelenggarakan Kuliah umum mata kuliah institusional Pendidikan Kewarganegaraan.  Kuliah umum mata kuliah institusional Pendidikan Kewarganegaaraan ini diperuntukkan kepada mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Institusional Pendidikan Kewarganegaraan. Kegiatan online ini diselenggarakan melalui zoom meeting dan live streaming pada youtube Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Ahmad Dahlan (PPKn UAD)  pada Kamis, 18 Maret 2021. Pada kesempatan kali ini kegiatan online tersebut dibuka oleh Dr. Nanik Sulistyani, M.Si., Apt selaku Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum LPP UAD. Para peserta sangat antusias mengikuti kuliah umum ini terlihat dari jumlah peserta yang terpantau di zoom sebanyak 500 peserta dan di youtube sebanyak 2044 peserta.

Terlebih lagi kegiatan ini mengundang 4 pembicara yang sangat luar biasa. Pembicara tersebut diantaranya adalah ibu Dr. Sumaryati M.Hum, ibu Dr. Megawati, S.H., M.Hum, ibu Triwahyuningsih, M.Hum, dan ibu Dr. Yayuk Hidayah, M.Pd dimana beliau-beliau merupakan dosen pengampu mata kuliah institusional Pendidikan Kewarganegaraan. Pada kegiatan tersebut dipandu oleh bapak Suyitno, S.Pd, M.Pd selaku koordinator Mata Kuliah Institusional Pendidikan Kewarganegaraan.

Pada Kuliah umum kali ini Bapak Suyitno, S.Pd., M.Pd,   ibu Dr. Sumaryati M.Hum, ibu Dr. Megawati, S.H., M.Hum, ibu Triwahyuningsih, M.Hum, dan ibu Dr. Yayuk Hidayah, M.Pd,.  menyampaikan materi yang berbeda-beda. Penyampaian materi didahului oleh bapak Suyitno, S.Pd, M.Pd sebagai pendahuluan dari kuliah umum ini dengan menyuguhkan materi terkait pentingnya mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan diberikan di Perguruan Tinggi.  Selanjutnya materi lainnya yang lebih menarik disampaikan oleh  ibu Dr. Sumaryati M.Hum dengan materi tentang identitas nasional, ibu Dr. Megawati, S.H., M.Hum dengan materinya konsititusi Indonesia, ibu Triwahyuningsih, M.Hum dengan materinya Hak dan Kewajiban Warga Negara, dan materi yang disampaikan oleh ibu Dr. Yayuk Hidayah dengan materi Demokrasi Konstitusional Indonesia tak kalah menarik dari materi yang lain.

Penyampaian materi sangat sistematis dan gaya intonasi maupun mimik wajah dari pembicara terlihat sangat bersemangat memberikan materi tersebut sehingga membuat para peserta yang mendengarkan tidak bosan untuk mendengarkan materi yang disampaikan.  Hal ini dapat dilihat dari antuasiame peserta yang mulai berpikir kritis tentang negara Indonesia yang dilontarkan melalui pertanyaan-pertanyaan yang sangat luar biasa yang ditujukan kepada pembicara sesuai dengan masing-masing materi yang di sampaikan.

Harapannya dengan terselenggaranya kuliah umum kali ini dapat membantu untuk lebih mengenal lagi tentang negara Indonesia dan mulai membiasakan diri untuk menjadi mahasiswa yang berpikir kritis tentang Negara Indonesia, negara yang kita cintai bersama. Selain itu juga, mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang sangat diharapkan memiliki gebrakan baru untuk menjadikan Indonesia lebih merdeka dalam setiap aspek baik itu ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya. Tak lupa juga mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan diharapkan mendapatkan penguatan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dalam hal Pendidikan Kewarganegaraan di PT dan PTM, identitas nasional, konstitusi, hak dan kewajiban warga negara dan demokrasi. Semoga kuliah umum kali ini dapat menjadi berkah dan bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.