22 Mahasiswa UAD Lolos Kampus Mengajar 8

Sumber: https://s.uad.id/lp2_uad

Kampus Mengajar adalah salah satu kegiatan Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama 4 bulan dengan menjadi mitra guru. Program ini tidak hanya menerima mahasiswa dari FKIP saja melainkan terbuka untuk program studi yang sesuai bidangnya. Mahasiswa yang berkontribusi dalam kegaiatan ini berkesempatan untuk mengenal dunia pendidikan dan terlibat langsung dalam kegiatan mengajar di berbagai jenjang pendidikan, diantarnya: Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sebanyak 22 mahasiswa yang dinyatakan lolos kegiatan Kampus Mengajar (KM) Angkatan 8 berdasarkan Surat Pemberitahuan No 5207/E2/DT.01.01/2024 tentang Hasil Seleksi Mahasiswa dan DPL. Berdasarkan proses yang diikuti, total mahasiswa yang dinyatakan aktif dalam kegiatan KM 8 sebanyak 20 mahasiswa. Sebelumnya, mahasiswa telah melakukan pendaftaran melalui platform https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id  pada tanggal 06 Mei s.d. 02 Juni 2024 sebanyak 212 mahasiswa status rekomendasi dan 14 mahasiswa ditolak.

Berdasarkan data mahasiswa yang dinyatakan aktif dalam KM 8 lebih sedikit dibandingkan jumlah mahasiswa yang lolos di KM 3, KM 4, KM 5, KM 6, maupun KM 7. Berikut perbandingan jumlah mahasiswa yang lolos dalam setiap periode Kampus Mengajar pada Gambar 1.

Gambar 1. Perbandingan Mahasiswa lolos KM 3, KM 4, KM 5, KM 6, KM 7, dan KM 8

Mahasiswa yang telah lolos nantinya akan mengikuti program Kampus Mengajar, terhitung mulai 9 September s.d. 27 Desember 2024 sesuai dengan penempatan berbagai sekolah yang telah ditentukan. Berikut adalah mahasiswa UAD yang telah berhasil lolos dan akan berpatisipasi dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 8:

NoNama LengkapProgram StudiNama SekolahKabupaten/ KotaProvinsi
1Hijrah Faradinda KhalifiBimbingan dan KonselingSMK NEGERI 1 SEDAYUKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
2Zela RistiningsiBimbingan dan KonselingSMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPUROKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
3Afiatun 'AtiyyahHukumSMP PERSIAPAN SEMANUKab. Gunung KidulDaerah Istimewa Yogyakarta
4Naila Hasnal FuadahHukumSMP MUHAMMADIYAH PLERETKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
5Ilham NugrohoPendidikan Agama IslamSD NEGERI TEGALSARIKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
6Reta Aprilisa WidiantiPendidikan Agama IslamSD NEGERI 1 DONOTIRTOKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
7Ribhia Avissa NiwandaPendidikan Bahasa InggrisSMP MUHAMMADIYAH PLERETKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
8Tri Lintang SuryaniPendidikan Bahasa InggrisSD NEGERI 16 DELTA PAWANKab. KetapangKalimantan Barat
9Melati Ambar GumilangPendidikan Guru PAUDSD NEGERI 2 WOJOKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
10Mardha Dwi PradhitaPendidikan Guru Sekolah DasarSD NEGERI KINTELAN 2Kab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
11Mohd Ibra YahyaPendidikan Guru Sekolah DasarSD NEGERI 019XI SUNGAI JERNIHKota Sungai PenuhJambi
12Nanda RohaniPendidikan Guru Sekolah DasarSD NEGERI PINGITKota YogyakartaDaerah Istimewa Yogyakarta
13Sabila Hanifatun FatihahPendidikan Guru Sekolah DasarSD NEGERI 2 WOJOKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
14Sindy RindiyaniPendidikan Guru Sekolah DasarSD NEGERI 2 WOJOKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
15M. Nafis AndanaPendidikan MatematikaSMP BAITUL QURAN PONJONGKab. Gunung KidulDaerah Istimewa Yogyakarta
16Sabrina FahrunnisaPendidikan MatematikaSMK NEGERI 1 BANTULKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
17Shofi Assahida RahmatPendidikan MatematikaSMK NEGERI 1 SEWONKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta
18Yandi Ade KurniawanPendidikan MatematikaSD MUHAMMADIYAH GENDOL IIIKab. SlemanDaerah Istimewa Yogyakarta
19Abi Zaky MashuriSastra InggrisSMP NEGERI 16 YOGYAKARTAKota YogyakartaDaerah Istimewa Yogyakarta
20Rafita Prasetya NingsihSastra InggrisSMK NEGERI 1 SEWONKab. BantulDaerah Istimewa Yogyakarta

Mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar selain menjadi mitra guru juga menerapkan pembelajaran berbasis literasi numerasi, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. dari kegiatan Kampus Mengajar ini, mahasiswa UAD diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler seperti kegiatan literasi berupa pembuatan lingkungan fisik kaya teks, sosial dan afektif, serta akademik. Lingkungan fisik kaya teks dapat mengembangkan pengetahuan siswa tentang huruf, kata, kalimat, teks, angka, bentuk. Contoh kegiatan lingkungan fisik kaya teks yaitu membuat pojok baca, program satu hari/ seminggu sekali satu buku, mengadakan perpustakaan keliling, mading sekolah, tangga literasi (menghias tangga dengan bacaan motivasi). Lingkungan sosial dan afektif bermanfaat untuk membiasakan siswa dengan warga sekolah dengan komunikasi yang baik dan percaya diri saat diskusi. Contoh kegiatan sosial-afektif diantaranya: teka-teki numerasi, mengadakan sosialisasi topik bullying, festival kewirausahaan, dsb. Lingkungan akademik dapat berupa penguatan literasi siswa, belajar membaca yang benar, diskusi dengan topik materi pembelajaran, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *